Laman

Kamis, 03 November 2011

Tips Memilih Baju Bayi dan Anak

Memilih pakaian atau baju untuk anak anda, apalagi yang masih bayi memang harus teliti. Karena kulit bayi masih sangat sensitif. Ingatlah selalu untuk memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan bila digunakan bayi dan anak anda.

Berikut TIPS memilih baju bayi :

1. Bahan

Bahan katun merupakan bahan yang paling banyak dicari dan digunakan untuk bayi yang tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Dingin dan kering itu adalah efek dari bahan katun tersebut. Perawatannya juga tergolong paling mudah, dapat hanya dijemur langsung dibawah matahari, kemudian disetrika dengan menggunakan suhu sedang-panas.

Jika tekstur bahan baju bayi kasar, dapat menyebabkan kulit bayi menjadi luka dan iritasi. Jangan sampai ketika baju dipakai, anak anda akan merasa gerah, gatal, sakit, hingga menimbulkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu pilihlah bahan yang lembut sehingga anak anda terhindar dari iritas pada kulit.

Berhubung kulit bayi masih sensitif dan lembut, sebaiknya pilih baju bayi dan anak dari bahan katun ini karena nyaman dan mampu menyerap keringat. Juga, sebaiknya hindari bahan baju anak dari nilon, linen, parasut atau wol karena bahan ini kurang menyerap keringat dan perawatannya cenderung lebih susah.

2. Model, Ornamen

Karena bayi senang bereksplorasi dengan tangannya, hati-hati dengan model baju dengan payet, mote atau kancing yang mudah lepas. Karena bukan tidak mungkin bayi akan mencoba memegang, menarik atau memasukan ke dalam mulut. Bila payet, mote atau kancing terlepas dan tercecer, bukan tak mungkin akan tertelan olehnya.

Model lengan panjang, pendek, atau celana pendek, panjang, dress, dan lain-lain, pastikan baju tersebut nyaman dan dapat dipakai sesuai cuaca, waktu, dan kegiatan bayi anda. Juga pilihlah model yang memudahkan anda untuk mengganti baju bayi.

3. Ukuran, Jumlah

Bayi dan anak kita tentunya akan terus bertumbuh kembang. Anda memerlukan baju yang sesuai dengan perkembangannya. Biasanya, produsen memilah dengan ukuran sesuai usia, misalnua usia 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan, 9-12 bulan dan seterusnya. Oleh karena itu lengkapi koleksi lemari dengan pakaian bayi sesuai umurnya.

Usia 0-1 tahun merupakan masa-masa pertumbuhan yang pesat. Sebaiknya anda tidak menumpuk baju bayi terlalu banyak dalam satu usia tertentu.

Selamat memilih baju untuk bayi anda.
Ingat, setelah membeli, dicuci terlebih dahulu sebelum dipakaikan kepada bayi anda.

dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi
-nia,mamaRaras-
@BabyKatieStuff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar